Robot Humanoid “pertama” di dunia

robotWudlu

Gambar ini adalah Robot penuang air wudlu yang dibuat Ilmuan Muslim bernama IBNU ISMAIL AL-JAZARI sekitar abab ke-6 hijriah atau abad 12 Masehi.

Subhannallah. Lihatlah bagaimana orang islam dahulu, menjadikan ibadah kepada Allah sebagai ilham untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.

Kisah lengkap robotnya bisa dilihat di link berikut.
https://kisahmuslim.com/5335-al-jazari-mengenalkan-robot-pada-dunia.html

Tidak hanya itu, IBNU ISMAIL AL JAZIRI banyak membuat SISTEM KONTROL OTOMATIS pada banyak alat-alat mekanik. SIlakan simak hasil karyanya di link berikut:
https://en.wikipedia.org/wiki/Ismail_al-Jazari

Subahanallah, ilmuwan muslim dulu mantab. Hanya saja, kenapa umat islam sekarang terbelakang, seakan-akan menjadi pencundang dalam kancah teknologi dunia.

Saat ini kejayaan ada pada peradaban barat. Padahal dulu peradaban barat terbelakang bahkan dalam kegelapan (the dark age kata mereka), sedangkan peradaban islam maju menyinari dunia (the golden age katanya).

Mungkin ada benarnya perkataan ahli hikmah:
“Kaum muslimin dahulu jaya karena mereka dekat dengan agamanya, dan kini mereka lemah karena mereka meninggalkan agamanya.
Sebaliknya, peradaban barat terbelakang karena mereka dekat agamanya, dan kini mereka maju karena meninggalkan agamanya (sejak revolusi perancis)”.

Wallahu ‘alam.

Sydney, 19 Desember 2015

KA