Pendahuluan Sistem Kontrol

Mata kuliah sistem kontrol atau sistem kendali atau sistem pengaturan adalah materi wajib yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa teknik elektro di hampir semua universitas di Indonesia (pengamatan sepintas saya dari beberapa universitas besar yang menjadi rujukan). Bagi sebagian mahasiswa (bisa jadi sebagian besar mahasiswa), materi sistem kontrol terasa berat.

Secara konsep sebenarnya mengasyikkan, akan tetapi dari sisi teoritis cukup membikin pusing kepala. Kebanyakan mahasiswa belum mampu menyatukan sisi aplikasi dan sisi teoritisnya. Sisi aplikasi harus didukung teori dan teori tak akan pernah dipahami tanpa aplikasi. Tulisan berseri ini mencoba menampilkan sistem kontrol dari sisi teori sebagian bahan bacaan santai bagi mahasiswa teknik elektro yang menempuh mata kuliah sistem kontrol atau sistem kendali atau sistem pengaturan dimanapun mereka berada. Semoga bermanfaat.

SISTEM

Gambar di atas menjelaskan secara deskriptif tentang definisi sistem. Sistem adalah kombinasi komponen-komponen pembentuknya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu (bisa tujuan fisik dalam bidang elektro misalnya ataupun abstrak seperti dalam ekonomi). Kata kuncinya komponenen dan tujuan.

SISTEM KONTROL

Sistem Kontrol = sistem yang dapat di-identifikasi atau ditengarai terdiri dari minimal 2 (dua) bagian utama, yaitu:
  • Plant/proses, obyek yang dikendalikan
  • Kontroller/Pengendali, yang mengendalikan